Pembelajaran Inofatif

14 asas pembelajaran dasar pengembangan pembelajaran inovatif
1.       1. 5 prinsip dalam pemenuhan hak anak yaitu ;
a.       Non diskriminan
b.      Kepentingan terbaik bagi anak
c.       Hak untuk hidup dan berkembang
d.      Hak atas perlindungan
e.      Penghargaan terhadap pendapat anak
2.      2.  Belajar bukanlah konsekuensi otomatis dari penuangan informasi ke dalam otak siswa
3.       3. Beljar merupakan keterlibatn mental dan kerja siswa sendiri.
4.       4. Yang bias membuahkan hasil belajar yang langgeng hanyalah kegiatan belajar aktif
5.       5. Untuk bisa mempelajari sesuatu dangn baik, kita perlu mendengar, melihat, mangajukan pertanyaan
          dan membahasnya dengan orang lain.
6.      6.  Aktif belajr pada diri siswa bercirikan ;
a.       Yang saya dengar saya lupa
b.      Yang saya dengar, lihat dan pertanyakanatau diskusikan dengan orang lain mi=ulai paham
c.       Yang saya dengar dan lihat, sedikt ingat
d.      Yang saya dengar, lihat, bahas dan terapkan, saya dapat pengetahuan dan keterampilan
e.      Yang saya ajarkan keoranglainsaya kuasai.
7.      7.  “ john Holt “ proses belajar akan meningkat jika siswa diminta untuk melakukan hal2 ;
a.       Mengemukakan kembali informasi dengan kata-kata sendiri
b.      Memberikan contoh
c.       Mengenalinya dalam bermacam bentuk dan situasi
d.      Melihat kaitan antara informasi dan fakta
e.      Menggunakannya dlm beragam cara
f.        Memprediksikan sejumlah konsekuensinya
g.       Menyebutkan lawan atau kebalikannya.
8.       8. Ada 9 konteks yang melingkupi siswa dalam belajar
a.       Tujuan
b.      Isi materi
c.       Sumber belajar
d.      Target siswa
e.      Guru
f.        Strategi pembelajaran
g.       Hasil
h.      Kematangan
i.         lingkungan
9.       9. Kata kunci pembelajarn agar bermakna
a.       Real world learning
b.      Mengutamakan pengalaman nyata
c.       Berfikir tingkat tinggi
d.      Berpusat pada siswa
e.      Siswa aktif
f.        Pengetahuan bermakna dalam kehidupan
g.       Dekat dengan kehidupan nyata
h.      Perubahan prilaku
i.         Siswa praktik, bukan menghafal
j.        Learning bukan teaching.
k.       Pendidikan bukan pengajaran
l.         Pembentukan manusia
m.    Memecahkan masalah
n.      Siswa acting, guru mengarahkan
o.      Hasil belajar diukur dengan berbagai cara bukan hanya dngan tes
10    10. Pembelajaran yang memperhatikan dimensi auditori dan visual, pesan yang diberikan akna mnjadi
           lebih kuat.
11  11. Otak tidak sekadar menerima informasi, tetapi juga mengolahnya melalui membahas informasi
           dengan orang lain, juga mengajukan pertanyaan tentang hal yang dibahas.
12    12. Otak kita perlu mengaitkan antara apa yang diajarkan telah diajarkan kepada kita dengan apa yang
           telah kita ketahui dan dengan cara kita berfikir.
13    13. Proses belajar harus mengakomodasi tipe-tipe belajar siswa
14   14.  Resiproritas merupakan sumber motifasi yang bisa dimanfaatkan untuk menstimulasi kegiatan
           belajar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s